Halaman Mutiara

love drama love architect

Mencari mutiara Sinetron 06/09/2010

Filed under: Hanya pendapat — Fuziruh @ 12:11 am

Aku lihat sinetron di salah satu stasiun tv, judulnya entah apa dan aku menemukan satu adegan yang membuatku gerah, jengkel, sedih dan cukup membuat geregetan.Bukan karena ceritanya bagus tapi karena justru adegannya terlalu maksa,monoton, ga masuk akal dan garing.

Adegannya adalah Seorang pria tiba-tiba dipukul dari belakang oleh stik baseball dan jatuh, slow motion cewek yang didepannya teriak tapi ga bergerak dari posisinya,cowok itu jatuh dekat kakinya tapi ekspresi si cewek seolah cowok itu jauh dibawah jurang (kenapa ceweknya ga jongkok trus berusaha bantu si cowok berdiri atau apa kek), lalu si cowok bangkit setelah tadi jatuh seperti mau pingsan lalu menghajar balik yang memukulnya, dengan tongkat baseball yg tadi dipukulkan ke tubuhnya( tadi si tongkatnya itu di buang deket si cowok yg dipukul)Lalu dengan gagah menghajar balik penjahat sampe jatuh. Kawan2 penjahat,yang ada 4 atau 5 orang duduk dengan lunglai, ga pingsan atau parah2 amat lukanya(mungkin sebelumnya dihajar sama cowok yg jagoan aku ga tahu,mereka Cuma ngeliatin bosnya dipukul tanpa melakukan apapun, dan waktu si cowok gertak mau melawan semuanya trus para penjahat kabur. Hore si cowok dan cewek selamat,.. Ha..ha.. waktu mereka berdua terharu saling menghawatirkan satu sama lain tiba tiba ada ibu2 yg mau melahirkan yg dari tadi minta tolong ga didenger.Dengan cepat si cowok berusaha memangku ibu hamil untuk di bawa ke mobil tentu saja mau ke rumah sakit. Si cewek berkata “Kamu ga kuat memangku ibu ini, kamu lagi terluka,apa kamu baik2 aja,” dan dengan heroik si cowok menjawab” aku bisa, aku kuat”. Mereka masuk mobil, dan baru seperempat perjalanan si cowok menghentikan mobilnya karena si ibu ga kuat lagi, si bayi segera mau keluar, si cowok nelpon rumah sakit untuk nganter ambulance. Mereka, si cewek dan si cowok teriak2 panik. “ aku harus bisa membantu ibu ini melahirkan kata si cewek dalam hati” Radit cepat kamu bantu ibu ini melahirkan, si cowok namanya radit panik dan bingung,” kamu telpon dokter ana cepat” singkatnya radit dan ceweknya berhasil membantu si ibu melahirkan dengan di bantu oleh arahan dari dokter melalui telpon. Hore mereka berdua berhasil menyelamatkan ibu dan bayi. Bagus kan ceritanya!. Tapi seperti anak kecil yang selalu ingin tahu aku bertanya-tanya. Kenapa si cowok menghentikan mobilnya di tengah jalan sepi ga ada orang lalu memanggil ambulance yang membutuhkan waktu lebih lama dari pada dia membawanya terus, kenapa ga terus aja ngelanjutin perjalanan ke rumah sakit atau kalau kejauhan kenapa ga di bawa ke rumah yang di situ aja dan panggil bidan terdekat.?! Ok.passed.. aku terima keputusan cerita ini untuk membiarkan si ibu diam di mobil sambil kesakitan. Saat si radit nelpon ke dokter, dokter menyuruh menyiapkan air hangat dan anduk. Beberapa detik saja si radit berhasil membawa baskom kecil berisi air dan handuk bersih. Dari mana yah? (tentu saja sutradara dan krunya sudah menyiapkan _^)Ga ada orang selain mereka bertiga dan posisi mereka benar2 di tengah jalan yg sepi tapi dengan mudah bisa dapet baskom air hangat dan anduk juga kain untuk membungkus bayi. Si cewek sibuk menyuruh si ibu tarik nafas dan keluarkan, hanya seperti itu aja yang dia lakukan (si ibu berbaring di jok mobil dengan kepala di paha si cewek , jadi si cwek ga gerak dari tadi). Satu adegan terakhir si cowok berhasil mengeluarkan bayi,trus membungkusnya dengan kain lalu memangku si bayi dan mengadzaninya, bayi masih belepotan darah. Aku belum pernah melahirkan dan belum pernah melihat langsung proses persalinan. Tapi apa masuk akal si bayi langsung bisa digendong setelah dikeluarkan. Tali ari2 nya gimana?. Meski sinetron itu hanya fiktif belaka setidaknya masih harus memasukan sedikit logika.Huft..

Sinetron indonesia saat ini sampai tahun ini kutulis (2010)adalah Antagonisnya cewek, biasanya sama mamanya atau tantenya, muka sadis,melotot sampai matanya mau keluar, selalu memakai make up yang tebel banget dalam keadaan apapun dan dimanapun,mau tidur kek ,makan atau dimanapun pakaiannya seperti mau ke kondangan, glamour. (aku ga tahu sih mungkin aja dalam kenyataan kehidupan sehari2 memang ada yang kayak gitu, makanya penulis,produser dan sutradara membuatnya selalu seperti itu). Kata-kata yang sering terdengar adalah akan kubunuh si ……… , aku ga boleh diam membiarkan dia merebut……, aku harus mendapatkan cinta dari……, akan kuhancurkan semua rencana…….. Penuh dendam dan ancaman yang nonsence banget. (Ga tahu juga sih, mungkin penulisnya memang pernah mengalami hal seperti ini dalam kehidupannya. Kalau saja sinetron ini di tonton sama anak kecil, jangan heran kalau satu generasi ke depan bangsa indonesia persis kelakuannya kayak di sinetron. Penuh dengki, dendam, iri hati, dan Haizz….

Drama korea sedang meraja lela di seluruh asia, termasuk di indonesia. Kita bisa menemukan dengan gampang judul drama yang baru aja di putar di korea karena indonesia jago dalam hal pembajakan. Ga munafik sih, aku juga termasuk salah seorang yg menikmati dvd bajakan. Drama asia lagi booming, dan sebagian orang mungkin berpaling dari sinetron (aku berkata mungkin karena sinetron juga sangat laris, buktinya sampai ada sinetron yg panjaaaaaaang banget episodenya melebihi 200 episde dan sudahmenjadi judul 2,3,4,5,6 Ha..ha..never ending story). Drama korea menarik, dan aku kaget saat buka internet ternyata banyak diluar sana para bloger yang membahas tentang drama korea, lebih jauh lagi, drama korea mampu membuat orang indonesia atau negara lain menjadi tertarik belajar bahasa korea, budaya dan apapun tentang korea.Kekuatan membangun lewat drama. Hebat banget. Meski kadang cerita drama korea sama saja seperti drama2 yang lain, tapi pesona korea telah disemaikan dalam drama drama itu.

Dulu korea mungkin belajar dari drama jepang, tapi sekarang dia telah mengalahkan gurunya. Taktik dalam drama itu adalah menyajikan sedikit kenyataan dalam sebuah drama. Drama jepang menceritakn tentang bagaimana tokoh utama menjalani pekerjaannya, misalnya pembaca berita, mahasiswa, dokter atau apapun lalu menyisipkan kisah cinta yng manis. Dan lalu berhasil memikat pemirsa tv. Drama Korea juga seperti itu, tokoh utama seorang koki, maka dia cerita bagaimana cara masak yg baik, jika dokter dia cerita tentang menangani pasien, jika artis dia cerita tentang managementnya, jika arsitek dia cerita bagaimana menciptakan desain yang bagus, bahkan jika hanya seorang ibu rumah tangga dia akan bercerita bagaimana cara mengepel dan cuci piring yg baik. Mungkin ada dendam, dengki seperti di sinetron. Tapi semuanya diceritakan seperti dalam kehidupan nyata, ga lebay. Mereka lebih banyak cerita tentang proses kehidupan mereka dibanding sinetron yang hanya cerita cara menyingkirkan musuh dengan cara licik. Aku bukannnya ga cinta produk dalam negeri, bukan juga ga menghargai hasil kerja keras orang lain. Justru Karena aku sayang dan cinta Indonesia makanya aku bersikap sadis dalam mengkritik. Aku ga suka sinetron saat ini. Terakhir aku nonton sinetron mungkin 10 tahun kebelakang, judulnya aku lupa tapi aku suka sinetron itu. Pemainnya intan Nuraeni, syahrul gunawan sama agus kuncoro. Ceritanya lumayan bagus. Setelah sinetron ini aku ga pernah nonton lagi yang lain, kecuali sinetron ramadhan “para pencari tuhan” yang di tayangin SCTV setahun sekali, aku berani mengatakan bahwa cerita sinetron yg lainnya jelek.Tapi…aku suka sesekali numpang lewat bentar (waktu ga sempet mindahin chanel, atau ga ada acara yg bagus tapi aku mesti nyalain tv karena takut,he..he)untuk ngeliat seperti apa sinetron indonesia saat ini. Aku hanya bisa berharap para produksi sinetron mau belajar dari korea yang bisa menyihir seasia melalui drama.

Aku cinta drama, dan juga indonesia, jadi sedih banget kalau lihat kualitas sinetron jelek. Jika aku diberi kesempatan oleh tuhan untuk terlahir sebagai produser film atau seseorang yng punya duit banyak, ingin sekali aku menciptakan sinetron yang bisa membuat orang-orang korea dan asia lainnya menjadi tergila-gila ke indonesia, seperti orang indonesia yang selalu memuji dan membanggakan karya-karya korea.

Hopefully someday .

 

2 Responses to “Mencari mutiara Sinetron”

  1. echi Says:

    Waaahh benerr bangett..
    Aku juga sedih liat Indonesia, kenapa sinetron gak mutu gitu masih aja dipertahanin. Kapan mau move on, contoh dongg negara korea yang berguru pada Jepang >.<
    Aku yakin itu drama korea di indosiar kalau ditayangin malem, ratingnya pasti ngalahin SINETRON -_- Sayangnya sore, pada masih diluar rumah semua ratingnya jadi yaa gitu gitu aja!
    Berharap di tahun mendatang Indonesia bisa terkenal kayak korea khususnya entertainer nya..
    Oia salam kenal yaa 🙂

    • Fuziruh Says:

      Thanks commentnya.. salam kenal juga..^_^
      Baru-baru ini aku nonton drama taiwan yang judulnya “Fated Love”. Ternyata sinetron yang di atas aku ceritain (judulnya KASIH, yg maen tuh Ririn) itu ngejiplak drama itu, cuma emang di rubah- rubah dikit.
      Nah perubahan itu yang bikin ga masuk akal. Adegan yang berantem itu, yang aslinya berantem sama mafia karena salah paham. Adegan melahirkan itu juga sama, bedanya di drama itu lahir darurat karena jauh dari mana2 bukan di mobil.


Leave a Reply

